Sabtu, 07 Oktober 2017

Pengertian Bangsa dan Negara Indonesia


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Halo teman - teman ...
Sebagai warga yang baik seharusnya kita sudah paham betul apa itu bangsa dan negara Indonesia, maka dari itu disini saya mengingatkan kembali betapa pentingnya bangsa dan negara.

Yang pertama saya mulai dari bangsa. Apa itu bangsa ??

Istilah bangsa terjemahan dari kata nation, dan nation berasal dari bahasa Latin yang artinya suatu yang lahir. Nation dalam arti bahasa Indonesia adalah bangsa.  Maka Bangsa adalah suatu kelompok manusia yang mendiami suatu tempat atau wilayah yang memiliki keterikatan dengan wilayah tersebut, dan memiliki kesamaan yang meliputi agama, bahasa, budaya, tradisi dan lain - lain. 

Sifat Bangsa :

1. Kemahiran
2. Ketepatan dan
3. Persatuan

Bangsa juga memiliki beberapa unsur yang terkait seperti :

1. Satu kesatuan bahasa
2. Satu kesatuan daerah
3. Satu kesatuan ekonomi
4. Satu kesatuan hubungan ekonomi dan
5. Satu kesatuan jiwa yang terlukis dalam kesatuan budaya.

Yang kedua mari kita lihat apa itu Negara ??

Negara yaitu suatu tempat di permukaan bumi yang kekuasaannya baik politik, militer, ekonomi, sosial ataupun budayanya ditata oleh pemerintahan setempat. Negara juga adalah satu lokasi yang mempunyai satu system atau ketentuan yang berlaku untuk semua individu di wilayah tersebut, serta berdiri dengan cara independen. Independen adalah  bebas, merdeka, berdiri sendiri. Syarat Konstitutif atau primer suatu negara yaitu mempunyai rakyat, mempunyai wilayah, serta mempunyai pemerintahan. Sedangkan syarat deklaratif atau sekundernya yaitu diakui oleh negara lain baik langsung ataupun dengan cara musyawarah.

Sifat Negara :

1. Memaksa, berarti Warga Negara harus tahu apa itu hukum dan mematuhi hukum yang berlaku.
2. Monopoli, berarti Negara diwajibkan menguasai 1 bidang untuk warga negara. contohnya : PLN, PT. KAI dan lainnya.
3. Mencakup Semua, berarti Negara harus adil kepada semua warganya atau sama - sama rata dan rasa.

Nah para ahli juga berpendapat tentang bangsa dan negara. Dan di bawah sedikit dari beberapa ahli yang berpendapat tentang bangsa dan negara :

Yang pertama dari Ernest Renan berasal dari Perancis yang berpendapat, "Bangsa adalah suatu nyawa, suatu akal yang terjadi dari 2 hal, yaitu rakyat yang harus hidup bersama-sama menjalankan satu riwayat, dan rakyatyang kemudian harus mempunyai kemauan atau keinginan hidup untuk menjadi satu."

Yang kedua dari Logemen berasal dari Belanda yang berpendapat, "Negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaannya."

Admin rasa sudah cukup, sebelumnya apabila terjadi kesalahan pada penulisan atau kata - kata admin mengecewakan, admin minta maaf. Admin hanyalah makhluk yang penuh dengan kekurangan mohon untuk dimaafkan adapula hal yang sangat penting adalah saling mengingatkan sebagai jalan silaturrahmi.

Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:
Write komentar