Sejarah Singkat GUI
Di awal pembuatannya, komputer dijalankan dengan menggunakan perintah yang diketik di layar monitor menggunakan keyboard.
Ini berlaku untuk semua program atau perintah tertentu yang terkait dengan sistem informasi. Ini tentu saja dianggap tidak praktis dan tidak canggih.
Selain itu hanya orang-orang tertentu yang dapat mengoperasikannya. Karena itu, para ahli diimbau untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh orang awam dengan cara yang praktis dan mudah diingat.
Akhirnya, GUI atau Antarmuka Pengguna grafis lahir. GUI adalah sekumpulan aplikasi yang menampilkan semua menu, ikon, dan perangkat penunjuk lain yang menggantikan perintah yang diketik dalam shell.
Apa Itu GUI?
GUI (Graphical User Interface) adalah enis antarmuka pengguna yang menggunakan metode interaksi pada peranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
Kelebihan dan Kekurangan GUI
1. Kelebihan :
- Desain grafis lebih menarik.
- GUI memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dengan lebih baik.
- Memudahkan pengguna.
- Menarik pengguna.
- Resolusi gambar tinggi
2. Kekurangan :
- Makan memori yang sangat besar.
- Tergantung pada perangkat keras.
- Membutuhkan banyak ruang pada layar komputer.
- Tidak fleksibel.
Pengembangan Aplikasi dengan GUI
Graphical user interface dalam kombinasi visual berulir dengan fungsionalitas telah melampaui rekan karakter di pesat. Di sini, kebutuhan untuk mengingat dan mengetik perintah ini diganti, yang membuatnya sangat nyaman bagi pengguna untuk memiliki pengalaman yang nyaman dengan / mesin-nya. Kebutuhan untuk mengingat prosedur untuk memicu event (baik itu yang sederhana seperti membuka folder) tidak tetap.
Dengan GUI, Pengalaman pengguna ditingkatkan dan diperkaya ejaan keinginan yang lebih besar untuk antarmuka dengan sistem ~ ‘(Website, PC, gadget) dalam operasi. Dan ini jelas menekankan kembali peran vital dari GUI di web dan pengembangan aplikasi. Ketika datang untuk mengembangkan website skala besar, yang merupakan motor ~ sukses ‘di internet-driven dunia sekarang ini, standar dan parameter harus didefinisikan dengan baik. Fungsi back-end, visual, pengguna-keramahan dan isi situs akan menenun menjadi satu substansi yang integral tunggal yang disebut “pengalaman User”. Seperti disebutkan sebelumnya, website sebagai node dari bisnis online, atau brosur informasi online atau media hiburan, dipromosikan ke anak tangga teratas pada dasar pengalaman pengguna yang kaya.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Write komentar