Minggu, 04 Oktober 2020

5 Cara Mengatasi Flashdist Tidak Terbaca

 

Flashdisk Tidak Terbaca? Ini Penyebab & Cara Memperbaikinya


Flashdisk merupakan salah satu tempat penyimpanan file penting yang paling sering digunakan hingga saat ini. kamu juga pasti punya, kan?

Sayangnya, flashdisk bisa saja tidak terdeteksi di PC atau laptop karena virus komputer berbahaya atau lainnya. Hal ini pun pasti menjadi masalah yang sudah sering kamu alami.

Ya, masalah flashdisk yang tidak terbaca dan tidak terdeteksi pada PC atau laptop alias rusak seringkali menjadi hantu yang paling menakutkan, loh! Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Nah, pada artikel kali ini, Admin bakal menjelaskan penyebab dan cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang bisa kamu coba dengan mudah, geng. Simak baik-baik, ya!

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Flashdisk tidak terdeteksi tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Sehingga, kamu harus mengetahui penyebabnya agar bisa mengatasinya dengan cara yang tepat.

Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kamu ketahui dulu beberapa penyebab flashdisk menjadi tidak terbaca atau tidak terdeteksi nih.

Tentunya, setiap masalah yang menyebabkan rusaknya flashdisk memiliki cara tersendiri untuk menanganinya, loh. Jadi, jangan sampai salah, ya!

Mulai dari permasalahan fisik, serangan virus dan malware, hingga yang berhubungan dengan software sudah Jaka ulas selengkapnya di bawah ini.


1. Port USB atau Konektor Flashdisk Kotor

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengecek kondisi fisik, baik pada port USB di PC atau laptop, maupun konektor flashdisk.

Kalau kamu biasa meletakkan flashdisk, PC, atau laptop kamu di tempat kotor, sudah bisa dipastikan kalau port USB kamu kemasukan debu, geng.

Debu yang menutupi konektor kemungkinan besar akan mempengaruhi kinerja flashdisk dan membuat flashdisk tidak terbaca di PC atau laptop.

2. Driver USB Bermasalah

Kemudian bisa juga karena driver USB yang bermasalah, misalnya saja saat USB tidak terbaca padahal sudah terhubung ke PC atau laptop.

Sebelumnya, kamu bisa mengecek driver USB melalui Device Manager dan memilih opsi Universal Serial Bus controllers di dalamnya.

Meski tidak banyak biasanya masalah flashdisk yang error karena masalah ini, kamu tetap boleh mencoba cara yang satu ini.

3. Virus dan Malware

Selain dari masalah fisik, rusaknya flashdisk tidak terdeteksi sama sekali bisa juga disebabkan karena serangan virus dan malware, geng.

Hal ini bisa pula dipicu oleh penggunaan flashdisk yang sering disambungkan ke sembarang PC atau laptop secara bergantian dan dengan intensitas cukup tinggi.

Maka, cara yang paling ampuh adalah dengan menghapus virus tersebut dengan antivirus kepercayaan kamu.

4. Perangkat Flashdisk Palsu

Terakhir, bisa jadi permasalahan flashdisk tidak terbaca tapi terdeteksi ini diakibatkan karena kamu menggunakan perangkat flashdisk palsu, geng.

Pada kasus ini kamu harus lebih jeli lagi dalam memilih flashdisk dengan kualitas terbaik. Jangan percaya dengan harga murah dari merek-merek flashdisk terkenal.

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca

Setelah kamu mengetahui beberapa penyebab flashdisk rusak, sekarang kamu bakal mengetahui bagaimana cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca datanya.

Nah, di sini kamu akan melakukan dari cara paling mudah hingga perlu penanganan ekstra. Sudah siap untuk mengikutinya yaa..

1. Bersihkan Port USB dan Konektor Flashdisk



Seperti pada ulasan sebelumnya, kemungkinan terbesar data flashdisk tidak terbaca adalah karena flashdisk kotor atau kemasukan debu.

Untuk permasalahan seperti ini, ada beberapa langkah mudah yang Jaka rekomendasikan untuk kamu lakukan terlebih dulu, di antaranya:

  • Bersihkan port USB dan konektor USB dengan menggunakan kuas pembersih untuk mengangkat partikel debu yang menutupi.
  • Bersihkan lempengan kuningan pada flashdisk dengan menggunakan karet penghapus (apabila konektor USB adalah yang bertipe terbuka).
  • Kemudian coba hubungkan flashdisk di PC/laptop lain. Di sini untuk menguji, apakah flashdisk yang rusak atau malah PC/laptop yang bermasalah.

2. Pindai dengan Software Antivirus

Cara Atasi Flashdisk Tidak Terbaca 08cf4

Jika permasalahan flashdisk tidak terbaca karena virus atau serangan malware, maka hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah melakukan pemindaian dengan software antivirus.

Misalnya kamu bisa mencoba cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca tanpa diformat dengan menghapus virus shortcut di flashdisk agar flashdisk terbebas dari virus yang membahayakan.

Selain itu, ada pula beberapa rekomendasi aplikasi antivirus PC terbaik yang bisa kamu coba untuk membersihkan data di flashdisk secara rutin.

3. Install Ulang Driver USB

Kamu juga bisa melakukan cara memperbaiki flashdisk tidak terbaca dengan memeriksa dan melakukan install ulang pada driver USB yang digunakan.

Untuk install ulang driver USB pada PC atau laptop, kamu bisa melakukan beberapa langkah mudah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Pengaturan Device Manager
  • Pertama kali hubungkan terlebih dulu flashdisk yang tidak terbaca dengan PC atau laptop.
  • Selanjutnya kamu tinggal klik kanan pada logo Windows di pojok kiri bawah layar dan pilih opsi Device Manager.
Langkah 2: Pilih Opsi USB Mass Storage Device
  • Pada jendela Device Manager, cari opsi Universal Serial Bus controllers.
  • Buka menu dropdown dan cari perangkat bernama USB Mass Storage Device yang akan diberi tanda peringatan kuning apabila mengalami error.
Langkah 3: Uninstall Driver USB
  • Pada USB Mass Storage Device, kamu tinggal klik kanan dan pilih opsi Uninstall Device. Jika muncul pop-up peringatan, kamu tinggal klik Uninstall saja.
  • Setelah proses selesai, kamu bisa mencabut dan mencolok kembali flashdisk untuk segera digunakan. Kamu juga bisa me-restart PC atau laptop terlebih dahulu.

4. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Walau sudah terbilang jadul, namun cara mengatasi flashdisk tidak terbaca dengan CMD alias Command Prompt ternyata masih sangat manjur, loh!

Dengan sejumlah perintah, kamu bisa mengetahui kondisi flashdisk kamu apakah masih sehat atau sudah terdapat beberapa masalah.


Sumber : https://jalantikus.com/tips/flashdisk-tidak-terbaca/

Tidak ada komentar:
Write komentar