Selasa, 29 Mei 2018

Mengupas KRI Ardadedali, kapal selam sakti milik TNI AL

Mengupas KRI Ardadedali, kapal selam sakti milik TNI AL

Indonesia kembali mendapatkan peralatan canggih demi memperkuat sistem pertahanan TNI AL dalam mengamankan negara. KRI Ardadedali-404, sebuah kapal selam yang didatangkan dari Korea Selatan, tiba di dermaga Kapal Selam Koarmada II Ujung Surabaya, Jawa Timur, Kamis (17/5/2018). Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki kapal selam tercanggih ini.
Tentu banyak keunggulan dari KRI Ardadedali-404, mulai dari kekuatannya sampai dengan peralatan-peralatan yang melengkapi. Berikut keunggulan kapal selam KRI Ardadedali-404:

1. Cerita Mahabharata Arjuna
Pemberian nama Ardadedali pada kapal selam tersebut diambil dari salah satu nama senjata panah yang dimiliki oleh tokoh cerita Mahabharata Arjuna, sosok Pandawa yang menawan parasnya dan lemah lembut budinya.
Dalam cerita disebutkan Ardadedali berbentuk ujung anak panah pusaka seperti burung dan memiliki jiwa. Anak panah Ardadedali dapat melumpuhkan musuhnya di medan pertempuran besar.
2. Daya jangkau kapal lebih dari 18 kilometer
KRI Ardadedali memiliki jangkauan sampai 18 kilometer. Kapal selam ini dilengkapi empat mesin diesel MTU 12V493, dengan begitu jarak jelajahnya bisa mencapai 18.520 kilometer selama 50 hari.
Bobot kapal 1.400 ton bisa melaju 21 knot atau 38 kilometer per jam di bawah air. Panjang kapal 61,3 meter dan diameter 6,2 meter bisa menampung 40 kru kapal.
3. Dilengkapi banyak senjata tempur
Selain jangkauannya yang terbilang jauh, KRI Ardadedali juga dilengkapi oleh berbagai senjata pemusnah. KRI Ardadedali dilengkapi peluru kendali penghancur kapal permukaan, dan mampu meluncurkan torpedo tipe 53.
Torpedo ini berdiameter 53 sentimeter dengan panjang 7,2 meter, dan berat 2.000 kilogram.
Sumber :
https://www.merdeka.com/peristiwa/mengupas-kri-ardadedali-kapal-selam-sakti-milik-tni-al.html

1 komentar:
Write komentar