Minggu, 08 April 2018

Tak selalu manis, kebanyakan gula bisa datangkan 8 bahaya ini

Tak selalu manis, kebanyakan gula bisa datangkan 8 bahaya ini



Cake, es krim, cokelat, dan beragam dessert manis lainnya selalu bisa membuatmu bahagia setelah memakannya. Penyebabnya karena semua makanan ini memiliki rasa manis karena kandungan gula di dalamnya.

Jadi, tak hanya kue, gula biasanya juga sering kamu temukan di dalam minuman ringan, kopi kemasan, atau bahkan nasi yang kamu makan. Sehingga tak jarang konsumsi gula bisa berlebih yang seringkali mengancam kesehatan gigi.

Selain berisiko membuat gigi berlubang, kebanyakan konsumsi gula juga bisa menyebabkan bahaya kesehatan berikut ini seperti yang dilansir dari Boldsky.

1. Masalah jantung
Kebanyakan makan gula ternyata bisa membahayakan jantung. Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Harvard University menyatakan bahwa orang dewasa yang makan gula melebihi 25% dari jumlah yang disarankan akan berisiko tinggi mengalami masalah jantung yang fatal, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan gula.

Sebabnya, kebanyakan gula bisa meningkatkan gula darah yang kemudian membahayakan sirkulasi darah di tubuh dan jantung.

2. Demensia
Penelitian lain yang dilakukan di University of Bath pada tahun 2017 berpendapat bahwa kebanyakan makan gula bisa meningkatkan risiko demensia di masa tua.

Alasannya? Gula mengandung enzim yang akan menyebabkan pembentukan protein abnormal di otak yang jika dibiarkan selama bertahun-tahun bisa menyebabkan demensia.

3. Obesitas
Sudah tidak diragukan lagi bahwa kebanyakan gula mampu meningkatkan risiko obesitas. Dan obesitas yang terjadi di masa kanak-kanak akan terkait dengan peningkatan risiko penyakit di masa dewasa seperti diabetes, masalah jantung, kolesterol tinggi, hingga depresi.

Oleh karena itu hindari memberikan makanan tinggi gula pada anak-anak ya. Sebabnya makanan tinggi gula ini juga bisa menyebabkan sugar rush atau mudah rewel karena banyak makan gula.

4. Penyakit pencernaan
Mengonsumsi makanan manis juga bisa memperburuk kesehatan usus. Sebabnya enzim yang ditemukan di dalam gula akan membunuh bakteri baik di lapisan usus besar yang kemudian menyebabkan munculnya penyakit seperti naiknya asam lambung, sembelit, kembung, gangguan pencernaan, hingga kanker usus besar.

5. Kerusakan lever
Sejumlah penelitian lainnya menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih bisa menimbulkan bahaya yang sama pada lever, sama seperti saat kamu kebanyakan minum alkohol!

Alasannya karena molekul dalam gula sulit untuk dicerna oleh lever sehingga membuat lever harus bekerja ekstra keras yang lama-kelamaan akan menyebabkan kerusakan lever.

Sumber :
https://www.merdeka.com/sehat/tak-selalu-manis-kebanyakan-gula-bisa-datangkan-8-bahaya-ini.html

Tidak ada komentar:
Write komentar